Rabu, 11 Juli 2012

TOKI

Kali ini Saya akan ngepost pembahasan Toki atas permintaan Teman saya,Perlu saya ingatkan Bahawa ini akan menjadi racun buat anda(karena saya langsung menampilkan jawabannya),jadi saran saya buat teman-teman,sebelum teman-teman melihat jawabannya,mohon untuk mengerjakan terlebih dahulu dan telah menerima sedikitnya jawaban wrong answer dari TOKI.dan jika teman-teman membutuhkan penjelasan,mungkin bisa diberikan pertanyaan di kolom komentar.
Satu hal lagi,untuk menjawab soal toki,saran saya untuk setiap menampilkan ke monitor misalnya dalam bahasa C printf(""); ada baiknya setiap printf tersebut teman-teman menampilkan \n setelah Cotoh:Printf("\n");karena ini juga berpengaruh.Saya tidak tega melihat teman-teman yang pusing-pusing memikirkan sourcecodenya yang ternyata letak kesalahannya pada "\n" saja.
langsung saja,untuk soal luas segitiga,untuk membuka soal tersebut,anda harus terlebih dahulu login.
soalnya begini yang langsung saya copy dari TOKI(maaf ia toki)


Pak Dengklek menggambar sebuah segitiga yang alasnya berukuran A cm (1 ≤ A ≤ 1.000) dan tingginya berukuran T cm (1 ≤ T ≤ 1.000). Ia ingin menghitung luas dari segitiga tersebut, tapi ia lupa caranya. Bantulah dia.

Format Masukan

Baris pertama berisi dua buah bilangan bulat A dan T.

Format Keluaran

Sebuah baris berisi sebuah bilangan nyata yaitu luas dari segitiga tersebut dalam cm persegi, dengan tepat dua angka di belakang koma.

Contoh Masukan 1

5 7

Contoh Keluaran 1

17.50

Contoh Masukan 2

5 6

Contoh Keluaran 2

15.00

Petunjuk

Karena luas segitiga bisa bukan merupakan bilangan bulat, maka Anda perlu menyimpannya dalam suatu variabel bertipe real. Masih ingat rumus luas segitiga, yaitu (A x T / 2)? Operator pembagian bilangan nyata pada Pascal adalah '/'. Operator perkalian pada Pascal adalah '*'. Jadi, misalkan luas bertipe real, Anda dapat menghitung luas segitiga tersebut dengan perintah
luas := A * T / 2;
Lalu, bagaimana agar hasilnya dicetak dalam dua angka di belakang koma? Perintah writeln memiliki format khusus agar bilangan nyata dapat dicetak seperti itu dengan menambahkan ':0:X' di belakang ekspresi yang ingin dicetak padawriteln, dengan X adalah banyak angka di belakang koma yang diinginkan. Jadi, luas tersebut dapat dicetak dengan perintah
writeln(luas:0:2);
dan jawabannya begini dalam bahasa C:
#include <stdio.h>
int main()
{
    int a,t;
    float luas;
    scanf("%d %d",&a,&t);
    luas=(float)a*t/2;
    printf("%.2f\n",luas);
    return 0;
}

3 komentar: